Senin, 18 April 2011

Aku Menikahimu karena Allah (Catatan Rekan)


Hari pernikahanku. Hari yang paling bersejarah dalam hidup. Seharusnya
  
saat itu aku menjadi makhluk yang paling berbahagia. Tapi yang aku  
rasakan justru rasa haru biru.

Betapa tidak. Di hari bersejarah ini tak ada satupun sanak saudara  
yang menemaniku ke tempat mempelai wanita. Apalagi ibu. Beliau yang  
paling keras menentang perkawinanku.

Masih kuingat betul perkataan ibu tempo hari, "Jadi juga kau nikah  
sama 'buntelan karung hitam' itu ....?!?" Duh......, hatiku sempat  
kebat-kebit mendengar ucapan itu. Masa calon istriku disebut 'buntelan

karung hitam'.

"Kamu sudah kena pelet barangkali Yanto. Masa suka sih sama gadis  
hitam, gendut dengan wajah yang sama sekali tak menarik dan cacat  
kakinya. Lebih tua beberapa tahun lagi dibanding kamu !!" sambung ibu  
lagi.

"Cukup Bu! Cukup! Tak usah ibu menghina sekasar itu. Dia kan ciptaan  
Allah. Bagaimana jika pencipta-Nya marah sama ibu...?" Kali ini aku  
terpaksa menimpali ucapan ibu dengan sedikit emosi. Rupanya ibu amat  
tersinggung mendengar ucapanku.

"Oh.... rupanya kau lebih memillih perempuan itu ketimbang keluargamu.

baiklah Yanto. Silahkan kau menikah tapi jangan harap kau akan  
dapatkan seorang dari kami ada di tempatmu saat itu. Dan jangan kau  
bawa perempuan itu ke rumah ini !!"

DEGG !!!!

****

"Yanto.... jangan bengong terus. Sebentar lagi penghulu tiba," teguran

Ismail membuyarkan lamunanku. Segera kuucapkan istighfar dalam hati.

"Alhamdulillah penghulu sudah tiba. Bersiaplah ...akhi," sekali lagi  
Ismail memberi semangat padaku.

'Aku terima nikahnya, kawinnya Shalihah binti Mahmud almarhum dengan  
mas kawin seperangkat alat sholat tunai !"

Alhamdulillah lancar juga aku mengucapkan aqad nikah.

"Ya Allah hari ini telah Engkau izinkan aku untuk meraih setengah  
dien. Mudahkanlah aku untuk meraih sebagian yang lain."

****

Dikamar yang amat sederhana. Di atas dipan kayu ini aku tertegun lama.
  
Memandangi istriku yang tengah tertunduk larut dalam dan diam. Setelah
  
sekian lama kami saling diam, akhirnya dengan membaca basmalah dalam  
hati kuberanikan diri untuk menyapanya.

"Assalamu'alaikum .... permintaan hafalan Qur'annya mau di cek kapan  
De'...?" tanyaku sambil memandangi wajahnya yang sejak tadi  
disembunyikan dalam tunduknya. Sebelum menikah, istriku memang pernah  
meminta malam pertama hingga ke sepuluh agar aku membacakan hafalan  
Qur'an tiap malam satu juz. Dan permintaan itu telah aku setujui.

"Nanti saja dalam qiyamullail," jawab istriku, masih dalam tunduknya.  
Wajahnya yang berbalut kerudung putih, ia sembunyikan dalam-dalam.  
Saat kuangkat dagunya, ia seperti ingin menolak. Namun ketika aku beri

isyarat bahwa aku suaminya dan berhak untuk melakukan itu , ia
 menyerah.

Kini aku tertegun lama. Benar kata ibu ..bahwa wajah istriku 'tidak  
menarik'. Sekelebat pikiran itu muncul ....dan segera aku mengusirnya.

Matanya berkaca-kaca menatap lekat pada bola mataku.

"Bang, sudah saya katakan sejak awal ta'aruf, bahwa fisik saya seperti

ini. Kalau Abang kecewa, saya siap dan ikhlas. Namun bila Abang tidak  
menyesal beristrikan saya, mudah-mudahan Allah memberikan keberkahan  
yang banyak untuk Abang. Seperti keberkahan yang Allah limpahkan  
kepada Ayahnya Imam malik yang ikhlas menerima sesuatu yang tidak ia  
sukai pada istrinya. Saya ingin mengingatkan Abang akan firman Allah  
yang dibacakan ibunya Imam Malik pada suaminya pada malam pertama  
pernikahan mereka,
" ... Dan bergaullah dengan mereka (istrimu) dengat patut (ahsan).  
Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena  
mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjanjikan padanya
  
kebaikan yang banyak."
(QS An-Nisa:19)

Mendengar tutur istriku, kupandangi wajahnya yang penuh dengan air  
mata itu lekat-lekat. Aku teringat kisah suami yang rela menikahi  
seorang wanita yang memiliki cacat itu. Dari rahim wanita itulah lahir

Imam Malik, ulama besar ummat Islam yang namanya abadi dalam sejarah.

"Ya Rabbi aku menikahinya karena Mu. Maka turunkanlah rasa cinta dan  
kasih sayang milikMu pada hatiku untuknya. Agar aku dapat mencintai  
dan menyayanginya dengan segenap hati yang ikhlas."

Pelan kudekati istriku. Lalu dengan bergetar, kurengkuh tubuhya dalam  
dekapku. Sementara, istriku menangis tergugu dalam wajah yang masih  
menyisakan segumpal ragu.

"Jangan memaksakan diri untuk ikhlas menerima saya, Bang. Sungguh...  
saya siap menerima keputusan apapun yang terburuk," ucapnya lagi.

"Tidak...De'. Sungguh sejak awal niat Abang menikahimu karena Allah.  
Sudah teramat bulat niat itu. Hingga Abang tidak menghiraukan ketika  
seluruh keluarga memboikot untuk tak datang tadi pagi," paparku sambil
  
menggenggam erat tangannya.

****

Malam telah naik ke puncaknya pelan-pelan. Dalam lengangnya bait-bait  
do'a kubentangkan pada Nya.

"Robbi, tak dapat kupungkiri bahwa kecantikan wanita dapat  
mendatangkan cinta buat laki-laki. Namun telah kutepis memilih istri  
karena rupa yang cantik karena aku ingin mendapatkan cinta-Mu. Robbi  
saksikanlah malam ini akan kubuktikan bahwa cinta sejatiku hanya akan  
kupasrahkan pada-Mu. Karena itu, pertemukanlah aku dengan-Mu dalam  
Jannah-Mu !"
Aku beringsut menuju pembaringan yang amat sederhana itu. Lalu kutatap

raut wajah istriku denan segenap hati yang ikhlas. Ah, .. sekarang aku

benar-benar mencintainya. Kenapa tidak? Bukankah ia wanita sholihah  
sejati. Ia senantiasa menegakkan malam-malamnya dengan munajat panjang
  
pada-Nya. Ia senantiasa menjaga hafalan KitabNya. Dan senantiasa  
melaksanakan shoum sunnah Rasul Nya.

"...dan diantara manusia ada orang-orang yang menyembah  
tandingan-tandingan selain Allah. Mereka mencintainya sebagaimana  
mereka mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman amat sangat  
cintanya pada Allah ..."
(QS. al-Baqarah:165)

Semoga Bermanfa'at

 

Oleh:Andhika Al-Banjari Mtp
ƸӜƷ.¸¸¸.••..ƸӜƷ..••.¸¸¸.ƸӜƷ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejak mu ...